S.I.B.U.K.

Satu kata yang biasanya menjadi alasan seorang sahabat berpikir dua kali hanya untuk sekedar menyapa atau mengajak bermain bersama. Sehingga, tidak sedikit pada akhirnya ‘sibuk’ ini menjadi kambing hitam atas kemalasan seseorang untuk sekedar menguatkan chemistry satu sama lain. Iya gak sih? 

Btw.
Terlepas dari apapun itu, ada hal menarik kembali tentang kata ‘sibuk’ ini. Beberapa orang mencoba mendefinisikan ,sibuk, dengan standar aktivitasnya. Misal, “kamu banyak kerjaan ya? Berarti kamu sibuk!” 
Bener gak sih dia sibuk? Bisa jadi. Tapi, hal yang perlu kamu tahu, bisa saja orang yang kamu sangka sibuk, malah dia sebenarnya merasa dirinya gak sibuk.
 
Jadi, sebenarnya definisi yang tepat untuk sibuk itu apa ya? Apakah saat seseorang mendapatkan begitu banyak aktivitas pekerjaan? Atau, ada yang lain?
Hmm.
Ada satu pandangan tentang sibuk dan senggang yang ingin saya sampaikan. Pandangan ini berangkat dari ukuran waktu, bukan kuantitas pekerjaan.

Jadi, gini. Pernah gak kamu, satu hari memiliki banyak aktivitas, tapi semua aktivitas yang kamu lakuin itu diawasin oleh orang lain? Sehingga, kamu beraktivitas disana penuh dengan tekanan. Bahkan, sampai mau istirahat pun, ada durasinya.


Namun di sisi lain, kamu menemukan suatu pengalaman juga, dimana dalam satu hari, sepertinya memang banyak banget aktivitas yang kamu lakuin, tapi kamu bisa bebas kapan mau istirahat, kapan mau lanjutkan kembali aktivitasnya. Dan, tentunya aktivitas yang kamu lakuin itu bebas dari tekanan. Kamu nikmati itu semua.
Nah, dari kedua contoh tersebut, kita bisa lihat sebenarnya ada yang cukup berbeda, meski keduanya sama-sama banyak aktivitas.

Terus, apa dong sibuk dan senggang? Baik. Jadi, sibuk bisa dikatakan adalah kondisi dimana mereka yang menjalankan aktivitasnya, mau sedikit atau banyak, namun tidak memegang kendali atas waktunya tersebut.

Berbeda dengan senggang. Senggang adalah kondisi dimana mereka yang menjalankan aktivitasnya, mau sedikit atau banyak, namun memegang kendali atas waktunya tersebut.
Sampai disini sudah mulai kebayang?

Jadi, mau jadi orang sibuk, atau orang senggang? Selamat memilih ya! Intinya adalah, kamu apakah mampu untuk mengambil alih dan mengatur atas waktu yang kamu jalani, ataukah malah diatur oleh orang lain.
Ohya, terus maksudnya apa ‘kita lebih sibuk dari orang yang kita anggap sibuk?’
Yaa. Maksudnya, ketika seseorang banyak aktivitas dan kamu lihat mereka berjibaku atasnya, bisa jadi dia gak sibuk sebenarnya. 

Malah jangan-jangan, diri kitanya ternyata yang terlalu sibuk untuk menjudge orang lain, Hehe. Jangan sampai deh ya.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here