Kate adalah seorang manajer pekerja keras yang bekerja di perusahaan startup. Dia ingin membuatnya merasa bahwa dia kehilangan hidupnya. Dan kemudian dengan aneh, ketika dia tidak bekerja, dia mencoba untuk mematikan ‘mode kerja’ untuk menikmati gairahnya, teman, keluarga … tetapi akhirnya dia menemukan bahwa dia tidak memiliki energi.
Banyak orang seperti Kate, salah memahami arti sebenarnya dari keseimbangan kehidupan kerja. Mereka mencoba untuk menjaga ‘pekerjaan’ dan ‘kehidupan’ terpisah, tetapi ini membawa hasil yang tidak diinginkan. 

Di mana Kutukan Keseimbangan Kehidupan Bekerja Dimulai

Mereka yang mencoba mempertahankan keseimbangan kehidupan kerja dengan membagi waktu mereka – dengan mengendarai irisan tajam antara mode kerja dan mode hidup – secara tidak sengaja membagi diri mereka sendiri.
Ketika orang menyandingkan ‘pekerjaan’ dan ‘kehidupan’, mereka tanpa sadar berpikir dalam istilah ‘kerja’ versus ‘kehidupan’ – dan terus dipaksa untuk memilih satu dengan mengorbankan yang lain. Dalam kerangka ini, keuntungan di satu sisi selalu merugikan di pihak lain.


Dan orang-orang mulai melihat ‘kerja’ sebagai saat mereka hidup. ‘Pekerjaan’ dipandang sebagai kejahatan yang diperlukan yang harus mereka derita sampai saatnya tiba. Tetapi jika Anda menyandikan segala sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaan sebagai hal negatif dan penderitaan, sementara ‘kehidupan’ Anda berada di bawah beban harapan kenikmatan yang tidak realistis, tidak ada keseimbangan sama sekali di sana.
Menyeimbangkan kembali kerja dan kehidupan adalah mungkin dengan mencari pekerjaan baru dan menyenangkan sampai batas tertentu. Tetapi tidak ada pekerjaan yang sempurna. Selalu ada aspek membosankan untuk pekerjaan apa pun. Dan tak lama lagi Anda akan berakhir pada ‘kehidupan’ yang sama versus ‘kerja’ melihat-lihat karena Anda belum mengubah kerangka lama.

Satu-satunya cara untuk menghancurkan kutukan

Tujuan sebenarnya adalah untuk mendistribusikan kembali positif (+) dan negatif (-) secara merata di seluruh kehidupan.
Kebanyakan orang berusaha menjadikan semua negativitas bekerja seperti ini:

Jika semuanya negatif di tempat kerja dan semuanya positif ketika mode kerja dimatikan, kinerja kerja akan menderita – menciptakan lebih banyak negativitas. Orang akan bersandar pada kehidupan off-mode mereka untuk kebahagiaan, tetapi mereka tidak dapat benar-benar mencapai kebahagiaan karena mereka tidak menghadapi masalah di tempat kerja.
Sebaliknya, ada orang-orang yang berusaha untuk menempatkan positif dalam kehidupan kerja mereka. Keseimbangan kerja mereka terlihat seperti ini:


Sayangnya, jika orang-orang ini masih terjebak dalam kerangka lama on / off, semua negativitas akan beralih ke diri off-mode mereka, dan hubungan dan kesehatan mereka akan menderita.
Sangat sedikit orang yang beruntung mengalami hal positif di kedua sisi persamaan, keseimbangan kehidupan kerja mereka terlihat seperti ini:

 


Jika Anda adalah salah satu dari mereka yang mengalami positif di kedua sisi, Anda beruntung! Anda adalah salah satu dari kurang dari 5% populasi.
Untuk sisa 95% dari populasi, di sini adalah obat untuk memiliki keseimbangan kehidupan kerja yang realistis.

Solusinya adalah memulihkan rasa diri yang bersatu. Ketika Anda melakukannya, Anda akan membongkar pekerjaan / kehidupan yang bersaing, dan Anda akan berhenti secara tidak sadar melabeli pekerjaan sebagai ‘penderitaan’ dan hidup sebagai ‘kesenangan’. Energi positif akan mulai mengalir dengan lancar dan mudah melalui hidup Anda.
Untuk memulihkan rasa diri yang bersatu, tanyakan pada diri Anda: Mengapa saya benar-benar melakukan apa yang saya lakukan, dalam kehidupan dan pekerjaan?
Jawaban Anda untuk pertanyaan ini merupakan cetak biru dari diri yang bersatu, yang dituntut dengan makna yang berhubungan langsung dengan Anda dan Anda peduli.
Gunakan cetak biru Anda sekarang untuk memeriksa kehidupan Anda di tempat kerja, waktu luang Anda, dan keselarasan satu sama lain. Kerangka baru tidak lagi ‘keseimbangan’, tetapi ‘keselarasan’.
Ini akan mengungkapkan kepada Anda sejumlah hal:

  • Renungkan apa yang Anda pedulikan. Misalnya, Anda mungkin menghargai kreativitas, dan menyadari bahwa Anda mendapatkan kesempatan untuk menunjukkannya di tempat kerja setiap hari.
  • Hal-hal yang Anda pedulikan di ‘kerja’ adalah apa yang Anda pedulikan dalam hidup Anda: Nilai-nilai Anda ada di semua interaksi Anda, dan melayani diri Anda yang terpadu.
  • Apa yang Anda lakukan untuk pekerjaan Anda dan melakukan satu sama lain? Misalnya, kemurahan hati yang sama dengan yang Anda tunjukkan pada teman-teman Anda dapat membentuk hubungan baik dengan klien ketika dipraktekkan di tempat kerja. Daya cipta Anda di tempat kerja dapat digunakan untuk menyelesaikan hambatan dalam kehidupan pribadi Anda.

Yang terpenting, Anda tidak perlu menggunakan model kerja on / off lagi karena Anda terus bertindak sesuai dengan apa yang benar-benar Anda hargai. Akibatnya, Anda akan menemukan bahwa energi Anda tidak akan terganggu atau meluap, mati / nyala, tetapi sebaliknya akan mengalir secara konsisten melalui semua keadaan Anda berada dalam lingkaran umpan balik positif abadi.
Ini adalah bagaimana keseimbangan kehidupan kerja yang realistis adalah seperti:

Kehidupan Tanpa Kutukan yang Menyedihkan

Konseptualisasi Anda yang diperbarui dari ‘keseimbangan’ ke ‘keselarasan’ adalah transformasi batin yang dapat memberdayakan Anda apa pun keadaan Anda saat ini.
Misalnya, mungkin mengungkapkan bahwa Anda benar-benar menderita dalam pekerjaan Anda saat ini. Tapi sekarang Anda dapat membuka gulungan cetak biru Anda untuk mengidentifikasi penyebab negativitas (yaitu apa yang tidak selaras dengan apa yang Anda hargai?) Dan baik mengingatkan diri Anda sendiri mengapa Anda benar-benar melakukan apa yang Anda lakukan, atau membuat tweak … atau memang ubah pekerjaan Anda.
Bahkan jika yang terakhir, Anda masih bisa ditopang oleh kepositifan sampai Anda menemukan pekerjaan baru itu. Anda mungkin membenci tugas sehari-hari Anda, tetapi salah satu hal yang Anda hargai adalah menjadi penyedia yang baik untuk keluarga Anda – sehingga Anda terpacu, mengetahui bahwa Anda melakukan hal itu setiap hari.
Atau jika Anda gila kerja, cetak biru Anda mungkin mengungkapkan bahwa apa yang sebelumnya Anda undervalued sebagai ‘off-mode‘ (bersantai, bersenang-senang, mengejar gairah, menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman) sebenarnya mengandung kekayaan nilai-nilai yang mendukung – dan bahkan meningkatkan – kehidupan kerja yang utuh.
Penyelarasan pekerjaan yang kaya nilai dan diselaraskan secara optimal membantu mempertahankan aliran energi positif dan kebahagiaan dalam semua aspek keberadaan. Jadi lanjutkan dan buat cetak biru dari Anda!


Sumber: https://www.lifehack.org/611110/why-work-life-balance-is-a-curse-and-what-a-realistic-balance-really-is?ref=header-menu-dropdown-essential-read-cornerstone-productivity

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here