Sampai Anda tahu bagaimana fokus, Anda tidak akan pernah bisa berpikir jernih, menyelesaikan masalah, membuat keputusan, atau mengingat sesuatu. Menjadi fokus itu penting tetapi tetap pada tugas menjadi semakin sulit. Simponi notifikasi dapat menarik Anda keluar dari apa pun yang Anda lakukan saat itu juga.

Setiap kali pikiran Anda mengembara dari pekerjaan Anda, Anda harus membuang waktu dan energi untuk kembali ke jalurnya. Sebuah penelitian terbaru dari University of California menghitung bahwa orang membutuhkan waktu rata-rata 25 menit dan 26 detik untuk kembali bekerja setelah interupsi. Ini berarti bahwa setiap kali sesuatu mengalihkan perhatian Anda dari pekerjaan Anda, Anda kehilangan hampir setengah jam waktu berharga Anda.

Interupsi pasti akan terjadi, tetapi ketika terjadi beberapa kali per hari, Anda akan membuang banyak waktu dan energi. Dalam panduan ini, Anda akan belajar lebih banyak tentang mengapa begitu sulit untuk tetap fokus dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi gangguan, menjadi lebih produktif, dan meningkatkan fokus Anda.

Apa yang membuat tetap fokus menjadi sulit

Tidak sehat secara fisik

Semuanya menjadi lebih sulit ketika Anda merasa sakit atau lelah. Jika Anda belum cukup tidur, pikiran Anda akan berkeliaran.

Tubuh manusia dimaksudkan untuk bergerak, tetapi banyak dari kita menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak. Tidak cukup berolahraga adalah alasan umum lainnya yang mungkin Anda kehilangan fokus dengan cepat. Berolahraga membantu tubuh Anda mengatur hormon dan memproses insulin. Ini juga meringankan gejala depresi dan kecemasan.2 Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa kinerja kerja orang lebih baik pada hari-hari mereka berolahraga:

Apa yang Anda makan dan minum dapat memainkan peran utama dalam kemampuan Anda untuk menyelesaikan pekerjaan Anda juga. Mulailah dengan tetap terhidrasi dengan baik. Sekitar 60% dari tubuh Anda adalah air. Jika Anda mengalami dehidrasi, Anda akan merasa lesu, dan otak Anda tidak akan bisa bekerja juga.

Gangguan pencernaan dan bakteri usus yang tidak seimbang mengganggu apa pun yang Anda lakukan. Sistem pencernaan yang terganggu tidak nyaman, tetapi juga mencegah Anda memanfaatkan semua nutrisi dalam makanan Anda. Ini berarti bahwa bahkan jika Anda makan dengan baik, Anda mungkin tidak mendapatkan nutrisi yang membantu Anda untuk fokus.

Misalnya, Vitamin B sangat penting untuk pencernaan dan kita menghabiskannya dengan cepat ketika terkena stres. Kurangnya Vitamin B hampir pasti akan membuat Anda merasa berkabut

Otak emosional

Anda tahu betapa sulitnya untuk fokus ketika Anda khawatir tentang hal lain. Sistem limbik Anda, episentrum untuk semua emosi dan ingatan Anda, melekatkan perasaan pada segalanya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh profesor manajemen Universitas Bond Cynthia Fisher, ada beberapa emosi umum di tempat kerja yang ditunjukkan untuk membentuk kinerja:
Cara Anda merasa tentang pekerjaan Anda dapat menghancurkan produktivitas dan fokus Anda jika Anda memiliki sudut pandang negatif. Sebaiknya luangkan waktu untuk mengenal diri sendiri sehingga Anda dapat mengetahui apa yang memicu reaksi emosional dan hilangnya fokus.

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menanamkan hidup Anda dengan positif. Ketika pekerjaan Anda memicu emosi positif, Anda akan lebih tertarik dengan apa yang Anda lakukan, dan akan lebih mudah untuk tetap mengerjakan tugas.

Terlalu banyak gangguan

Kami beruntung memiliki begitu banyak teknologi di ujung jari kami, tetapi kemajuan ini adalah pedang bermata dua. Saat Anda bekerja, panggilan telepon, pesan teks, email, dan pemberitahuan media sosial mengancam untuk menggagalkan fokus Anda.

Sebuah studi tahun 2012 dari McKinsey Global Institute menemukan bahwa orang menghabiskan sekitar 13 jam atau 28% dari minggu kerja mereka mengelola email.6 Itu tidak berarti bahwa semua waktu yang dihabiskan untuk teknologi tidak produktif. Hanya saja sebagian besar dari kita kesulitan memilah-milah inbox dan notifikasi kami sehingga mereka tidak menarik kita dari tugas lain. Seperti disebutkan, dibutuhkan 25 menit dan 26 detik untuk mendapatkan kembali fokus rata-rata. Gangguan itu mahal.

Melakukan banyak tugas sepanjang hari

Anda mungkin berpikir Anda menjadi lebih efisien ketika Anda melakukan banyak tugas, tetapi hanya sekitar 2% dari populasi yang dapat secara efektif multitask.7 Ilustrasi James Clear paling menggambarkan mitos multitasking:
 
Untuk 98% lainnya, mereka melakukan mutitask dengan tiga cara berbeda:
  • Lakukan dua hal pada saat bersamaan.
  • Beralih ke tugas baru tanpa menyelesaikan hal asli yang sedang mereka kerjakan.
  • Siklus yang cepat bolak-balik antara tugas, yang memberikan ilusi bahwa mereka berada di antara 2% dari multitaskers yang efektif.
Otak manusia tidak dirancang untuk melakukan pengacakan kognitif semacam itu. Orang-orang berakhir dengan membangun “residu perhatian” yang buruk ketika mereka berpindah antar tugas.

Jika Anda pernah terganggu dengan memikirkan hal lain yang harus Anda lakukan saat Anda mengerjakan proyek lain, Anda telah mengalami efek residu perhatian. Bergeser terus-menerus antara tugas dapat menghabiskan biaya sekitar 40% atau 16 jam dari hari kerja Anda. Itu seperti membuang dua hari dari setiap minggu kerja di tempat sampah.

Multitasking dapat menyebabkan Anda tampil seolah-olah Anda telah kehilangan 10-15 poin pada skor IQ Anda. Betapapun pintarnya Anda, itu berarti penurunan efektivitas yang signifikan. Sebuah penelitian dari University of London mengibaratkan ini untuk melewatkan seluruh malam tidur.

Anda akan berkembang jika Anda dapat mempelajari cara memfokuskan dan mengukir waktu untuk pekerjaan yang mendalam. Anda perlu membuat jendela waktu yang benar-benar bebas gangguan seperti email jika Anda ingin menjadi yang paling efektif.12 

Bagaimana menemukan fokus di dunia yang terganggu

Trik untuk mengatasi gangguan

1. Blokir waktu untuk pekerjaan yang tidak terganggu

Pastikan Anda menjadwalkan waktu penting untuk diri sendiri di mana Anda dapat fokus pada tugas Anda dalam keheningan tanpa gangguan. Beri tahu orang-orang bahwa Anda tidak akan merespons kecuali benar-benar diperlukan. Anggaplah ini sebagai menjadwalkan pertemuan dengan diri sendiri dan memperlakukannya sama seperti yang Anda lakukan saat menjadwalkan pertemuan dengan orang lain.

Tempatkan status Anda sebagai “sibuk” di aplikasi perpesanan dan kalender bersama. Kenakan headphone (meskipun Anda tidak mendengarkan apa pun) untuk membuat diri Anda terlihat bahwa Anda berfokus pada pekerjaan Anda. Dengan sengaja mengukir blok waktu ini akan membantu Anda fokus dan membuat orang lain lebih ragu-ragu untuk mengalihkan perhatian Anda.

2. Pengumpulan email

Email dapat masuk ke kotak masuk kami terus menerus sepanjang hari dan itu tergoda untuk menanggapi mereka ketika kami menerimanya. Serupa dengan memblokir waktu spesifik untuk fokus, mengukir waktu untuk menangani email sekaligus.

Melakukan hal ini akan menciptakan lebih banyak produktivitas dan membuat Anda tetap berurusan dengan email satu demi satu. Jika Anda merasa terganggu dengan mudah oleh setiap email baru, Anda dapat memasang ekstensi Chrome bernama Situs Blok yang memungkinkan Anda menghentikan pemberitahuan Gmail pada waktu-waktu tertentu.


3. Ubah teknologi dari selingan menjadi alat yang berguna

Hari-hari ini, banyak orang merasa dikendalikan oleh teknologi dan ponsel mereka sampai batas tertentu sehingga memanfaatkan opsi penonaktifan yang diberikannya kepada Anda. Matikan pemberitahuan email, pemberitahuan aplikasi, atur ponsel Anda untuk langsung ke pesan suara dan bahkan membuat tanggapan otomatis ke pesan teks yang masuk.

Ada juga beberapa aplikasi keren yang mendorong Anda untuk menjadi lebih produktif dan kurang terganggu oleh ponsel Anda. Forrest adalah aplikasi yang memberi Anda imbalan setiap kali Anda fokus dengan baik, memotivasi Anda dengan cara yang menyenangkan dan mendorong Anda untuk meninggalkan ponsel Anda dengan baik sendirian.

4. Jadwalkan waktu selingan

Sama pentingnya dengan penjadwalan waktu fokus adalah penjadwalan waktu gangguan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh perusahaan jejaring sosial Draugiem Group, menemukan bahwa istirahat reguler adalah kunci produktivitas. Lebih khusus lagi, karyawan yang paling produktif menghabiskan 52 menit bekerja diikuti dengan 17 menit istirahat setiap kali.

Ini tergantung pada kemampuan otak untuk tetap termotivasi – itu tidak dapat mempertahankan fokus dan konsentrasi jangka panjang. Rentang perhatian rata-rata untuk orang dewasa adalah antara 15 dan 40 menit. Setelah ini, gangguan menjadi lebih kuat dan kita menjadi kurang termotivasi. Jadi saat mengambil istirahat mental mungkin tampak tidak produktif, namun dalam jangka panjang membuat otak lebih efisien terhadap tugas.

Teknik melatih pikiran yang lebih terfokus

5. Antisipasi kebutuhan internal Anda

Anda mungkin berpikir itu adalah gangguan fisik luar yang menyebabkan kita tidak produktif tetapi sebenarnya 44% dari gangguan juga bersifat internal. Pikirkan tentang hal itu – rasa lapar, bosan, stres, dan kurang tidur mungkin telah berperan dalam demotivasi Anda berkali-kali.

Kabar baiknya adalah, Anda dapat mengendalikan faktor-faktor ini dengan memahami pola Anda dan merencanakan ke depan. Apakah Anda selalu merasa mengantuk di sore hari? Apakah kelaparan terjadi sekitar jam 11 pagi? Apakah Anda mulai bosan menjelang akhir hari? Mencatat pola-pola ini dan meniadakannya adalah cara cemerlang untuk tidak terlalu terganggu oleh mereka.

Campurkan tugas-tugas Anda sehingga Anda bergantian yang membosankan dan menarik lebih sering. Jaga camilan dekat ketika Anda tahu perut Anda mulai bergemuruh. Pergi untuk berlari cepat naik dan turun tangga untuk membuat Anda bersemangat.

6. Praktikkan perhatian

Mindfulness melatih pikiran Anda untuk mengidentifikasi pikiran yang muncul sepanjang hari Anda. Ketika menyangkut gangguan, memahami dan memperhatikan momen-momen ini dapat membantu Anda mengatasinya lebih cepat dan meningkatkan rentang perhatian Anda.

Meditasi dan latihan kesadaran dapat dilakukan kapan saja. Saat Anda memakan makanan Anda, perhatikan rasanya, teksturnya, dan bagaimana rasanya dan rasanya. Ketika membaca, benar-benar mengambil setiap kata atau saat berjalan berjalan perhatikan bagaimana perasaan tubuh Anda dan rincian lingkungan Anda. Melakukan hal ini secara teratur pada akhirnya akan melatih pikiran Anda ketika datang ke area lain di mana pikiran yang mengganggu muncul seperti tugas kerja.

Tonton panduan latihan mindfulness panduan 20 menit ini jika Anda ingin belajar cara melatih kesadaran:

7. Berolahraga secara teratur

Tidak hanya olahraga yang baik untuk tubuh tetapi juga bagus untuk otak. Latihan fisik membakar neuron di otak membuat Anda lebih waspada dan mau berkonsentrasi. Ini berarti meningkatkan kemampuan Anda untuk mengabaikan gangguan dan melanjutkan tugas yang sedang dihadapi.

Anda dapat melakukan latihan rutin di pagi hari dan langsung menuju pekerjaan memastikan blok waktu fokus Anda dipahat terlebih dahulu. Anda akan terkejut dengan berapa banyak motivasi yang Anda miliki dan seberapa banyak yang Anda selesaikan. Jika Anda merasa terlalu sibuk untuk melakukan latihan apa pun, berikut ini cara mencari waktu untuk latihan.

8. Buat latihan kekuatan

Sama seperti otot Anda yang membutuhkan latihan, begitu juga kemauan Anda untuk membangun kekuatannya.

Menetapkan kebiasaan pengendalian diri harian dapat melatih pikiran kita dalam seni kontrol di banyak bidang lainnya. Dalam buku Kemauan oleh John Tierny dan Roy Baumeister, Tierny mengutip sebuah studi di mana siswa diminta untuk menonton postur mereka selama seminggu. Pada akhir minggu itu, para siswa ini melakukan lebih baik pada tugas kontrol diri (tugas yang tidak berhubungan dengan duduk tegak) daripada kelompok lain yang tidak diminta untuk memperhatikan postur mereka.

Latihan kemauan yang baik adalah mengamati cara Anda berbicara. Berusahalah untuk tidak menggunakan kontraksi, yaitu coba ucapkan ‘Saya’ dan bukan ‘Saya’. Berbicaralah dengan kalimat lengkap dan jangan mengucapkan ‘nah’ sebagai ganti ‘tidak’ atau ‘ya’, bukan ‘ya’.

Rutinitas yang solid untuk tetap fokus

Anda tidak perlu bertanya-tanya bagaimana fokus jika Anda mengatur rutinitas. Memiliki kebiasaan yang luar biasa mengarah pada rutinitas produktif yang menghemat waktu Anda dan membantu Anda fokus.

Menemukan dan mengadopsi rutinitas sehari-hari yang tepat akan membantu Anda mendapatkan kembali waktu yang terbuang. Pikiran dan tubuh Anda akan berterima kasih atas kegelisahan yang menurun dan produktivitas Anda akan meningkat luar biasa.

Jika Anda mencari inspirasi tentang kebiasaan yang harus Anda masukkan ke dalam hari Anda, lihat posting saya tentang cara membuat rutin kuat Anda sendiri:

Rutinitas harian yang kuat yang akan meningkatkan hidup Anda (dengan langkah yang tepat untuk mengikuti)

Sekarang Anda tahu mengapa sulit untuk tetap fokus dan langkah apa yang dapat Anda ambil untuk tetap bekerja.

Mulailah dengan mengatasi kesehatan fisik dan kebutuhan emosional Anda. Identifikasi apa yang mengalihkan perhatian Anda dan lakukan pemisahan pada tugas seperti mengelola email untuk waktu tertentu di hari Anda. Jika Anda seorang multi-tasker kronis, saatnya untuk menutup topi itu dan fokus pada satu hal pada satu waktu.

Di atas segalanya, kembangkan kebiasaan produktif yang mengarah pada rutinitas yang efisien sehingga fokus yang mendalam menjadi norma bagi Anda. Anda memiliki semua alat yang Anda butuhkan untuk mencari tahu bagaimana memfokuskan pada hal-hal yang paling penting bagi Anda. Saatnya untuk memberi pekerjaan Anda perhatian yang tak terbagi.

Sumber: Sumber: https://www.lifehack.org/680976/how-to-focus-and-maximize-your-productivity-the-definitive-guide?ref=category_section_post_158865

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here