Pernah merasa Anda terlalu sibuk? Bahwa daftar pekerjaan Anda meledak? Bahwa Anda merasa kewalahan dengan semua yang perlu Anda selesaikan? Bahwa Anda tidak puas dengan hasil Anda karena Anda hanya tidak mendapatkan semua yang harus Anda lakukan? Mungkin Anda harus mendelegasikan lebih banyak ke tim Anda!

Dalam artikel lain yang dipublikasikan, kami telah mengindikasikan pentingnya mempekerjakan karyawan top dan bagaimana membuat tim Anda unggul. Nah, jika Anda memiliki tim yang hebat dengan karyawan utama, Anda harus dapat mendelegasikan tugas kepada mereka sehingga tim secara keseluruhan dapat menyelesaikan lebih banyak dan Anda dapat meluangkan waktu untuk mendedikasikan untuk tugas yang paling penting. 

Delegasi tidaklah mudah karena sebagian besar dari kita sering merasa seolah-olah hanya kita dapat menyelesaikan tugas tertentu dengan cara sebaik mungkin. Sulit untuk mempercayai orang lain untuk melakukan tugas-tugas itu dan mempercayai kemampuan karyawan Anda bahwa mereka juga akan dapat melakukan pekerjaan dengan baik dalam tugas-tugas itu. Selain itu, Anda tahu banyak detail proyek-proyek tertentu dan Anda mungkin satu-satunya yang tahu semuanya dari dalam. Jadi mengapa “buang waktu” menjelaskan semua yang lain? Tapi, apakah itu penggunaan terbaik waktu Anda jika Anda melakukan setiap tugas operasional proyek juga? Mungkin tidak!

Jadi apa manfaat utama delegasi?

Membebaskan waktu & Mencapai lebih banyak 

 Seperti disebutkan di atas, manfaat jelas pertama dari delegasi adalah Anda akan membebaskan waktu Anda yang dapat Anda dedikasikan untuk tugas-tugas yang lebih strategis. Karena Anda memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan tugas-tugas lain, Anda pasti akan dapat meraih lebih banyak.

 Mengembangkan tim Anda

Dengan melibatkan tim Anda dalam tugas-tugas tertentu, ini juga akan mengembangkan kemampuan mereka dan mengajari mereka keterampilan baru. Ini adalah manfaat besar bagi karyawan, itu membuat mereka lebih fleksibel dan lebih mudah dipekerjakan, namun, mereka juga menjadi lebih penting bagi tim. Dengan memberi mereka lebih banyak tugas baru, Anda akan membuat pekerjaan mereka lebih menarik, menantang, dan menyenangkan.

Membangun budaya kepercayaan

Ketika mendelegasikan tugas kepada karyawan Anda, Anda secara otomatis membangun budaya kepercayaan di tim Anda. Dengan memberi mereka tugas penting, Anda menunjukkan kepada mereka bahwa Anda memercayai mereka untuk mengambil tugas-tugas ini dan menyelesaikannya dengan cara yang baik. Ini tidak hanya bagus untuk budaya kerja dalam tim tetapi juga untuk harga diri karyawan.

Membuat tim lebih efisien

Dengan mendelegasikan tugas kepada anggota tim Anda, Anda memanfaatkan waktu semua orang dengan lebih baik. Akibatnya, tim secara keseluruhan akan lebih banyak dikerjakan. Anda tidak akan dapat menyelesaikan semuanya sendiri dan Anda tidak ingin anggota tim Anda duduk diam, sehingga dengan mendelegasikan tugas kepada mereka semua orang memiliki beban kerja yang memadai.

Tingkatkan fleksibilitas tim Anda

 Ketika Anda mendelegasikan tugas ke tim Anda, pastikan Anda juga memindahkan tugas di antara anggota tim yang berbeda. Dengan demikian, fleksibilitas tim Anda akan meningkat dan semua orang akan meningkatkan keterampilan mereka yang sangat bagus untuk perusahaan. 

Delegasi adalah keterampilan penting bagi para pemimpin hebat dan membawa manfaat penting bagi Anda sebagai seorang pemimpin, untuk anggota tim Anda, untuk tim dan karena itu juga untuk bisnis. Jadi, kali berikutnya Anda merasa kewalahan dengan daftar hal yang harus dilakukan, coba tanyakan pada diri Anda dengan masing-masing dan setiap item apakah itu penggunaan terbaik dari waktu Anda yang Anda lakukan tugas-tugas ini atau jika orang lain dalam tim juga dapat melakukan kerja bagus. 

Apa manfaat lain yang Anda lihat dalam delegasi?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here